Senin, 14 September 2020

Review Ulang Pembahasan Media Komunikasi dan Perkembangan Telekomunikasi

   Selamat pagi sahabat SITROTIS (Sistem Kontrol Otomatis) blog yang berisi tentang dunia perkontrolan dan aneka teknik yang akan di bahas pada blog ini. Pada kesempatan pagi ini yang bernuansa kemerdekaan saya akan membahas ulang tentang mata kuliah yang pernah saya pelajari saat kuliah di prodi Teknik Telekomunikasi. Ini spesial buat kamu yang sedang mencari materi yang sangat bermanfaat ini. Untuk lebih lanjutnya bisa baca postingan di bawah ini.

Gambar 1. Foto oleh Alexander Dummer dari Pexels

Bagaimana Telekomunikasi Berkembang?


  Teknik telekomunikasi merupakan teknik pengiriman atau penyampaian informasi dari satu tempat ke tempat lain jarak jauh. Komunikasi dapat dibedakan menjadi tiga antara lain:
  • Komunikasi Satu Arah (Simplex). Dalam komunikasi satu arah pengiriman dan penerima informasi yang tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh: Pager, televisi, dan radio.
  •  Komunikasi Dua Arah (Duplex). Komunikasi dua arah pengirim dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi yang bersambungan melalui media yang sama. Contoh: Telepon dan VoIP.
  • Komunikasi Semi Dua Arah (Half Duplex). Komunikasi semi dua arah pengiriman dan penerima informasi berkomunikasi secara bergantian. Contoh: FAX dan Chat Room.
   Telekomunikasi juga dibagi menjadi dua macam antara lain menggunakan kabel contohnya telepon rumah. Kalau tanpa kabel seperti fax, satelit komunikasi, televisi, radio, telephon seluler, voip, komunikasi berbasis web dengan media internet. 

1. Komponen yang mendukung untuk melakukan komunikasi


 a. Informasi : data yang dikirim/diterima contohnya gambar, file, suara, dan tulisan
 b. Pengirim: mengubah informasi menjadi sinyal listrik yang siap kirim
 c. Media transmisi: mengirimkan dari pengirim ke penerima. Jika jarak jauh dan tanpa kabel dari sinyal pengirim dirubah / demodulasi supaya bisa terkirim jarak jauh.
 d. Penerima: menerima sinyal lstrik dan merubahnya kembali kedalam informasi yang sesuai yang dikirim pengirim.

2. Alat Telekomunikasi


 a. Fax


Gambar 2. Fax by pixabay
 
    Fax (Facsimile) merupakan mesin yang mengerjakan proses scan terhadap sebuah halaman hasil cetakan dan mengubahnya menjadi sinyal yang ditransmisikan melalui sebuah saluran telepon ke mesin penerima fax.
Kelebihan:
  • Pengiriman informasi lebih cepat dibandingkan dengan pengiriman surat secara manual
  • Dapat Mengirim / Menerima Fax dari (ke) seluruh dunia
  • Dapat Mengirim / Menerima Fax dari (ke) Mesin Fax Biasa dan tidak perlu menggunakan / membeli Mesin Fax ( khusus FoIP)
Kekurangan: 
  • Dalam pengiriman informasi membutuhkan mesin fax sehingga biaya operasional lebih tinggi daripada pengiriman secara manual (khusus untuk fax biasa)
  • Harus memasang CPU atau Laptop yang mempunyai jaringan internet (khusus FoIP)

 

 b. Telegraf


      Telegraf merupakan sebuah mesin untuk mengirim dan menerima pesan pada jarak jauh. Telegraf ditemukan oleh Samuel F.B. Morse bersama dengan asistennya Alexander Bain.
      Tahun 1830, telegraf elektrik berkembang dengan menggunakan tegangan listrik untuk mengontrol elektromagnet yang didengarkan pada tiap ujung transmisi. Pesan pada telegraf dikirim oleh telegrapher dengan memakai kode morse yang terkenal dengan nama “telegram” atau “kabelgram”,  disingkat dengan pesan kabel/kawat. Sebelum telepon jarak jauh ditemukan dan banyak digunakan, telegram sangat terkenal. Telegram sering dipakai untuk perjanjian bisnis, berbeda dengan email, telegram biasanya digunakan untuk pengiriman dokumen resmi dalam perjanjian bisnis. Kode Morse adalah sistem yang mewakili huruf, angka, dan tanda baca menggunakan sinyal kode. Kode Morse ini adalah bahasa yang biasa dipakai dalam telegraf electrik. Dengan elektromagnet receiver, kode morse dapat ditranslate dari pendengarnya dalam bentuk tulisan.
    Kelebihan alat ini adalah efisiensi waktu dibandingkan pengiriman surat biasa sedangkan kelemahannya adalah hanya bisa mengirimkan teks.
 
Gambar 3. Telegraf 
(Sumber: sr wikipedia org)

  c. Satelit komunikasi


     Satelit komunikasi adalah sistem relay gelombang mikro yang diletakkan di angkasa. Fungsinya adalah menerima sinyal radio dengan bidang frekuensi tertentu dari bumi kemudian dikirimkan kembali sinyal radio tersebut ke bumi setelah dierkuat dan diubah ke frekuensi bidang yang berbeda.
Keuntungan:
  • Pembangunan relatif cepat dibandingkan sistem gelombang mikro terrestrial
  • Daerah jangkauan luas

Kerugian: Harga dan biaya operasional relatif mahal dan umur satelit terbatas.
 
Gambar 4. Parabola
(Sumber: wikipedia org)

 d. Radio


Gambar 5. Radio
(Sumber: hificorp)
 
    Radio merupakan teknologi yang berguna untuk mengirimkan sinya modulasi dan radiasi elektromagnetik. Gelombang elektromagnetik melintas dan merambat lewat udara dan juga merambat lewat ruang angkasa hampa udara. Karena gelombang ini tidak perlu medium pengangkut (seperti molekul udara). Gelombang radio adalah kumpulan bentuk radiasi elektromagnetik, gelombang tersebut bisa dibentuk saat objek bermuatan listrik dimodulasi (up frekuensinya) pada frekuensi yang berada dalam frekuensi gelombang radio (RF) pada suatu spektrum elektromagnetik. Gelombang radio ini berada pada jangkauan frekuensi 10 hertz (Hz) hingga beberapa gigahertz (GHz), dan radiasi elektromagnetik bergerak dengan cara osilasi elektrik dan juga magnetik. Fungsi dari radio hampir sama dengan televisi yang juga merupakan salah satu alat komunikasi, Perbedaannya terletak pada posisi penyiar dengan audience. Dengan televisi kita bisa melihat tayangan secara langsung apa yang disiarkan edangkan radio kita tidak bisa melihat tayangan secara langsung. Pada awalnya fungsi radio digunakan sebagai media penyampai pesan dan informasi tetapi mulai lambat laun juga digunakan sebagai media hiburan.


Keuntungan:
  • Filexibel maksudnya bisa dinikmati kapan saja dan dimana saja
  • Lebih dekat dengan pendengar terutama para penggemar radio
  • Siapapun diperbolehkan menerima informasi yang dikirimkan
Kekurangan:
  • Kita mendengarkan siaran berita, informasi atau hiburan sesuai dengan jadwal siaran.
  • Jangkauan siaran yang dipancarkan terbata
  • Tidak bisa melihat secara langsung apa yang disiarkan

 

e. Televisi

 Gambar 6 Televisi Jadul
(Sumber: wikipedia id)

    Televisi merupakan alat penangkap gambar. Kata "televisi" berasal dari kata tele dan vision yang artinya masing-masing jauh (tele) dan tampak (vision). Jadi televisi berarti tampak atau bisa melihat dari jarak jauh. Penemuan televisi disamakan penemuan roda, karena penemuannya mampu mengubah peradaban dunia. Di Indonesia penyebutan 'televisi' secara tidak formal disebut dengan tv, tipi, teve, tivi

Jenis-jenis televisi


- Televisi Analog


   Televisi analog yaitu televisi yang mengkodekan informasi dan memvariasikan tegangan dan frekuensi dari sinyal. Contohnya: NTSC dan PAL
 
    NTSC adalah sistem televisi analog yang dipakai di Amerika Serikat dan negara lain, yang termasuk Amerika dan beberapa negara di Asia Timur. Namanya diambil dari National Television System(s) Committee, badan industri pembuat standar yang menciptakan. NTSC dikembangkan di tahun 1950, yang menunjukkan standar video yang dibuat hingga 525 garis scan horizontal setiap 1/30 detik.

   PAL (phase-alternating line), phase alternation by line / phase alternation line (arti dalam bahasa Indonesia: garis alternatif fase), adalah suatu encoding berwarna dipakai dalam sistem tv broadcast, dipakai di seluruh dunia kecuali Amerika, beberapa negara di Asia Timur (yang masih memakai NTSC), sebagian Timur Tengah dan Eropa Timur, dan Prancis (yang sudah memakai SECAM, meskipun kebanyakan dari mereka telah memulai proses memakai PAL). PAL dikembangkan oleh Walter Bruch di Jerman, yang bekerja di Telefunken, diperkenalkan pada 1967 dan pertama kali.

- Televisi Digital


  Televisi digital atau DTV adalah jenis televisi yang memakai modulasi digital dan sistem kompresi untuk menyiarkan sinyal gambar, sinyal suara, dan data menuju pesawat televisi. Televisi digital adalah alat yang dipakai untuk menangkap siaran TV digital, perkembangan sistem siaran sinyal analog ke digital yang mengubah sinyal informasi menjadi sinyal digital dalam bentuk bit data seperti komputer. Contoh aplikasi televisi digital adalah Stasiun-stasiun televisi swasta memanfaatkan teknologi digital. Pada sistem penyiaran terutama pada sistem perangkat studio untuk memproduksi, mengedit, merekam, dan menyimpan program. Secara garis besar, perkembangan televisi digital meliputi:
 
1. High-definition television (HDTV) Televisi mempunyai resolusi tinggi adalah standar televisi digital internasional yang disiarkan dalam format 16:9 (TV biasa 4:3) dan surround-sound 5.1 Dolby Digital. Televisi yang mempunyai resolusi yang jauh lebih tinggi daripada standar lama. Penonton melihat gambar dengan bentuk yang jelas dan warna-warna matang. HDTV mempunyai jumlah pixel hingga 5 kali standar analog PAL yang banyak digunakan di Indonesia.

2. Televisi internet disebut dengan Televisi daring (TV Online) adalah situs yang punya tayangan video yang terstruktur, selalu update konsisten , tidak statis, update perkembangan berbagai peristiwa yang terjadi di sekitar lingkungan, dan bisa dipakai oleh publik secara bebas, berbagai macam bentuk pendistribusiannya. Supaya bisa mengakses tv online, perlu menguhubungkan ke komputer pribadi dengan koneksi internet broadband berlangganan. Televisi internet banyak dikenal dengan sebutan Television on the Desktop (TOD), TV over IP (Television over Internet Protocol) bisa juga disebut Televisi Protokol Internet, Vlog, dan juga Vodcast. Televisi internet berbeda dengan televisi konvensional biasa. Keduanya betul menayangkan banyak acara yang serupa, tapi televisi internet lebih banyak pilihan dibandingkan stasiun televisi lokal yang sering kita tonton di rumah atau Televisi kabel berlangganan. Televisi internet ini bisa ditayangkan secara pribadi oleh para user / pengguna internet, oleh sekelompok orang atau perusahaan televisi besar yang sama-sama punya layanan televisi online di Internet. 

Kelebihan


  • Kita bisa melihat tayangan maupun informasi langsung
  • TV Digital memiliki hasil siaran dengan kualitas gambar dan warna yang jauh lebih baik dari yang dihasilkan televisi analog.
  • Siaran menggunakan sistem digital yang mempunyai ketahanan pada masalah dan bisa diperbaiki kode digitalnya

Kekurangan

  •  Membutuhkan pesawat televisi sehingga sebagaimana mestinya wajib mengeluarkan banyak biaya
  •  Informasi yang diberikan terkadang kurang aktual


 f. Telepon

 

Gambar 7. Telepon PSTN
(Sumber: wikipedia org)
 
     Telepon adalah alat komunikasi yang dipakai untuk menyampaikan pesan suara (terutama pesan yang berbentuk percakapan). banyak telepon yang beroperasi memakai sinyal transmisi elektrik di jaringan telepon sehingga memungkinkan pengguna telepon untuk berkomunikasi dengan user atau pengguna lainya.

     Prinsip dasar telepon


     Posisi off hook pada telepon yaitu  Ketika gagang telepon diangkat. Lalu sirkuit terbagi menjadi dua jalur dimana bagian positifnya akan berfungsi sebagai Tip yang menunjukkan angka nol sedangkan pada bagian negatif akan berfungsi sebagai Ring yang menunjukkan angka -48V DC. Kedua jalur diatas nantinya akan memproses pesan dari sender terus ke receiver. supaya bisa menghasilkan suara pada telepon, sinyal electrik ditransmisikan melalui kabel telepon lalu diubah menjadi sinyal yang bisa didengar oleh telepon penerima (receiver). Pada teknologi analog, transmisi sinyal analog dikirimkan dari central office (CO) lalu dirubah menjadi transmisi digital. Angka-angka pada nomer telepon itu sebenarnya merupakan frekuensi tertentu yang mempunyai satuan Hertz. Hubungan utama yang ada dalam sirkuit akan menjadi on hook ketika dibuka, lalu akan muncul getaran. Bunyi yang berdering pada telepon penerima itu bisa jadi tanda kalau telepon telah siap digunakan. 

g. Komunikasi basis web

Gambar 7 Ilustrasi Sosial Media
(Sumber: Researchleap)

     Komunikasi Berbasis Web adalah komunikasi di antara para pengguna internet dengan menggunakan teknologi yang mengguakan platform internet. Walaupun begitu, saat internet populer di kalangan awam, yaitu sejak munculnya http sebagai landasan website, masyarakat baru sekedar menggunakan internet untuk mencari berita atau komunikasi melalui e-mail. Namun segera setelah itu, komunitas maya yang terdiri dari pengguna awam juga mulai terbentuk. Komunitas khayal bisa berupa mailing list, newsgroup atau bulletin board.

      Mungkin ini yang bisa saya sampaikan pada postingan ini. Semoga bermanfaat untuk kita yang membacanya dan juga untuk kalian yang sedang mencari bahan bacaan. Ini untuk mengisi kekosongan blog. Jika kalian ingin mengirim karya untuk diposting di blog ini dengan suka rela. Bisa langsung hubungi admin.


EmoticonEmoticon