Senin, 05 Oktober 2020

Suka dan Duka Menjadi Anak Teknik Elektro. Apa Aja Sih?

    Selamat pagi sahabat SITROTIS (Sistem Kontrol Otomatis) Blog. Selamat hari minggu happy weekend. Bagaimana kabarnya? apakah kalian sehat? Semoga selalu sehat ya. Apalagi masih kalian di rumah aja. Aktivitas apapun sudah 7 bulan hanya di rumah saja. Pagi ini aku akan menyajikan suka duka ku selama kuliah di jurusan teknik. Pasti kamu yang baca ini salah satunya yang mungkin bingung mau pilih jurusan apa dan ingin masuk jurusan teknik apalagi teknik elektro tapi, masih ragu-ragu. Oke lanjut saja ya. Aku bakalan kupas tuntas ala aku sendiri.


Elektro : LOSS!

 


    Elekto Loss!! itu menjadi jargon ketika aku awal masuk dijurusan teknik elektro sudah 4 tahun yang lalu. Ingat ya loss itu bukan singkatan, banyak sekali adek-adek tingkat yang tanya ke aku tentang kata loss yang di jargon elektro itu apa? Maksud dari loss itu pemikiran yang luas, lapang dan bebas berpendapat bahkan berkreasi.

   Kenalin saya adalah seorang yang pernah menjadi mahasiswa di jurusan teknik elektro di suatu politeknik negeri, tepatnya di polinema (Politeknik Negeri Malang) selama tiga tahun. Banyak sekali suka dukanya selama kuliah di jurusan Teknik Elektro ini. Tapi, saya akan bercerita tentang yang pertama adalah

 

    Apa saja sih yang dilakukan?

 

   Teknik elektro itu seram banget, banyak cowoknya dan lebih sedikit cewek yang ambil jurusan itu. Tapi, faktanya kuliah di jurusan elektro itu tidak seseram yang kamu pikirkan kok. Memang benar dalam satu kelas itu, kebanyakan cowok. Tidak usah ragu kalau kamu suka dengan dunia teknik. Oke aku mulai cerita dari pengalaman mulai dari mata kuliahnya. 

    Waktu semester 1 di perkuliahan jurusan teknik ini lebih banyak review ulang pada pelajaran waktu SMA seperti Matematika, fisika dan sedikit pelajaran kimia. Kalau untuk tugas-tugasnya belum begitu berat menurutku.

   Waktu semester 2 ini mulai ada sedikit pengenalan tentang jurusan elektro dan dikenalkan dengan sedikit mata kuliah program studi teknik listrik, elektronika dan telekomunikasi. Nah, disini mulai ada yang namanya praktikum, tapi tidak begitu berat. Tetapi, pada saat semester 3 sampai 5 ini semakin berat. Paling menguras otak adalah waktu menyelesaikan Tugas Akhir / Skripsi.


   Jadi Teknik Elektro Apa Saja yang Dipelajari?


    Bagiku pelajaran Teknik Elektro ini sangat luas banget pelajarannya. Teknik elektro ini juga dibagi menjadi dua yaitu ada arus kuat dan arus lemah. Program studi yang termasuk pada arus kuat adalah Teknik Listrik. Sedangkan kalau arus lemah adalah Teknik Elektronika dan Teknik Telekomunikasi. Benar-benar luas sekali kalau kalian memulai pilih jurusan Teknik Elektro. Banyak yang berkata kalau Jurusan Teknik Elektro itu rumit. Jadi sebenarnya tidak rumit jika kamu bisa merubah mindset. Untuk kamu yang suka tantangan maka tantangan demi tantangan akan lebih mudah diraihnya sedangnya yang kurang semangat biasanya dia akan cari-cari tugas kesana dan kemari lalu akan lebih aktif ke organisasi. Untuk kamu yang sekarang masih duduk di kursi SMA, perdalam saja ilmu fisika dan matematika, karena 75% itu ngitung dan 25% analisa. 


    Apa Saja Suka dan Duka Pada Menjadi Mahasiswa Teknik Elektro?


    Kebetulan aku dulunya adalah mahasiswa Jurusan Elektro. Aku akan sedikit bocorkan suka dukanya apa. Apa paling enak aku bikin 2 kolom supaya lebih enak untuk kamu lihat dan lebih ringkas.

No. Suka Duka
1. Bisa belajar semua hal, mulai dari arus kuat dan lemah, pemrograman bahasa mesin seperti ladder, bahasa C dan C++, Rasberry dan arduino juga, Ada lagi kita diajarkan bagaimana cara merangkai sesuatu, belajar tentang IC, desain juga pakai autocad dan sketcup, corel foto dan video, photoshop juga.
Tidak bisa mendalami apa yang di dapatkan. Cenderung multitasking dan tidak bisa mahir dalam satu bidangnya.
2.
Banyak lowongan kerja di bidang teknik elektro, yang konon faktanya tidak bisa sesuai dengan dunia perkuliahan, dan itupun bisa fleksible. Tetapi, tetap pesaingnya banyak
Susah juga saat mencari kerja, sehingga banyak yang banting setir menjadi wirausaha.
3. Solid pada saat kuliah,
Tetap sikut-sikutan
4. Setiap yang kuliah di Jurusan Teknik mempunyai suka sendiri-sendiri. Tunggu apa lagi?
Setiap orang yang kuliah di Jurusan Teknik punya dukanya sendiri

   Jadi kesimpulannya ketika kamu ingin kuliah pada Jurusan apapun, program studi atau konsentrasi apapun hingga di universitas / politeknik manapun pasti ada yang namanya suka dan duka. Jadi, pesanku itu satu jangan kebanyakan mikir dan biar tidak terlambat bisa langsung saja, gali passion dan pelajaran apa saja yang kamu suka, kamu ingin setelah kuliah ingin menjadi apa, pengusaha atau kerja kantoran. Nanti kalau ketemu langsung saja deh kamu searching tentang peluang penghasilan dalam bidangmu. Jangan Takut yang namanya terikat karena bisa buat kamu melatih kedisiplinan. Elektro LOSS!!

   Jika kamu masih bingung dan ingin tanya apa saja seputar bingung memilih jurusan kuliah bisa langsung Tinggalkan Komentar di bawah ini.


EmoticonEmoticon